Kamu Juga Tau !!!

Jumat, 29 Maret 2013

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi -Kopi adalah bahasa indonesia serapan yang berasal dari bahasa arab qahwah yang berarti kekuatan  karena pada awalnya kopi adalah minuman berenergi tinggi , hal itu bisa di buktikan bila anda meminum segelas kopi maka nafsu makan anda juga akan berkurang dengan kata lain anda bisa menahan rasa lapar lebih lama dari pada orang yang tidak meminum kopi . banyak yang berpendapat bahwa minum kopi dapat berakibat buruk bagi kesehatan sebetulnya hal itu tidak sepenuhnya benar bila anda meminum kopi dengan takaran yang normal , maksimal 3 gelas setiap hari .

Iniah kabar baik bagi para penggemar kopi  karena kopi yang setiap hari anda minum ternyata mempunyai manfaat yang unik dan anda sendiri mungkin tidak menyadarinya saat anda meminum kopi ,karena sebagian besar penggemar kopi hanya meminum kopi dengan alasan keinginan alias kecanduan . namun tanpa di sadari dengan minum kopi anda telah menghilangkan resiko terserang beberapa penyakit karena kopi memiliki sifat unik seperti mengandung antioksidan yang lebih kuat dari pada sumber lain dalam diet sehari –hari . menurut sebagian peneliti kopi yang di minum dengan sedikit gula lebih bermanfaat ketimbang sebaliknya . 

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum kopi :
 
1.Kopi dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bagi oeminum kopi tanpa gula akan semakin kecil terkena diabetes tipe 2 . setiap cngkir kopi di perkirakan dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sampai dengan 7 persen . kopi di duga meningkatkan toleransi tubuh terhadap glukosa dengan mempercepat metabolisme dan meningkatkan toleransi insulin .

2.Kopi dapat memacu otak berfikir positif
Penelitian menunjukan kandungan kafein yang terdapat dalam biji kopi bermanfaat memacu otak untuk merespon lebih cepat dan memperkecil kesalahan dalam tugas – tugas mental sederhana . peneliti dari jerman mengungkapkan dengan mengkonsumsi kafein yang setara hingga dua sampai tiga cangkir kopi seseorang mampu merespon kata-kata positif lebih cepat dalam serangkaian percobaan namun hal tersebut  tidak terjadi ketika di sodorkan kata-kata negatif .
  
3.Kopi sebagai  pembangkit stamina dan energi ekstra 
Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh dapat bersaing dengan adenosin dalam tubuh kita .adenosin adalah senyawa yang terdapat dalam sel otak yang berfungsi membuat seseorang cepat tertidur .kandungan kafeein yang terdapat dalam biji kopi dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah / mengantuk selain itu akan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar ,detak jantung lebih kencang serta tekanan darah akan naik.
  
4.Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke 
Serangan jantung ataupun stroke dapat di hindari salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan teratur .penelitian para ahli kepada 83000 wanita yang usianya rata-rata 24 tahun memiliki resiko terkena serangan jantung  18% lebih rendah apabila di bandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali .
  
5.Kopi dapat Mencegah kanker kulit
Penelitian yang dilakukan di Universitas Rutgers di New Jersey Amerika Serikat memperkuat sebuah teori yang menunjukkan bahwa kafein merupakan penghalang dari kanker kulit karena dapat menghambat enzim protein dalam kulit atau sering disebut ART. Ilmuwan yang melakukan penelitian ini menemukan bahwa bubuk kopi yang oles langsung di kulit dapat menghalangi sinar UV yang memicu kanker kulit .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar